Loading...

TIPS MENDAKI GUNUNG | Sebelum Pendakian

semeru trekking

Mendaki gunung adalah kegiatan dengan risiko tinggi dan membutuhkan banyak energi. Persiapan awal sangat penting untuk dilakukan saat mau mendaki. Dengan persiapan awal yang baik diharapkan hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan.

1 . Riset tentang destinasi pendakian.
Jika gunung tujuan belum pernah didaki sebelumnya, survey pendahuluan ini  sangat penting. Saat ini sangat mudah untuk mencari informasi mengenai gunung dan rute pendakiannya di internet atau dengan bertanya kepada pendaki yang sudah pernah ke gunug tersebut.  Jarak tempuh, waktu yang dibutuhkan, tingkat kesulitan trek letak rest area/pos peristirahatan dan utama lagi tempat mengambil air.

2. Ketahui persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum mendaki gunung tertentu.
Ada sebagian pengelola gunung yang menerapkan persyaratan khusus seperti surat keteangan sehat, batasan barang bawaan dan sebagainya. Contoh: Kalau mendaki gunungSemeru maka anda harus membawa surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas, tapi kalau mendakiRinjani surat keterangan sehat tidak diminta.

3. Olah raga
Berolahraga kecil sebelum mendaki  gunung akan memberi manfaat yang besar terutama bagi pendaki pemula. Medan yang dihadapi tidak jarang sangat sulit. Dengan olah raga fisik akan menjadi lebih siap.

4. Persiapkan barang dan peralatan yang akan dibawa mendaki.
Persiapan bahandan peralatan ini  merupakan hal yang sangat vital. Jika bahan dan peralatan tidak disiapkan dengan matang, khawatirnya nanti kita justru akan menjadi beban pendaki  lain. Ingat,  mendaki gunung itu melelahkan, tak seorangpun ingin dibebani.

5. Pastikan mengepak barang degan ketat.
Sebelum berangkat barang-barang harus sudah dimasukkan ke dalam ransel/carrier dan jangan kedodoran. Barang-barang yang dipacking kedodoran akan banyak menyedot tenaga saat pendakian, percayalah.

6. Siapkan mental.
Banyak kecelakaan digunung yang terjadi akibat panik. Panik ini penyakit mental. Sikap mental yang baik akan membantu anda ketika hal yang diinginkan terjadi, misalnya tersesat, ditinggal anggota tim atau menghadapi badai. Latihlah mental anda untuk mengahadapi kondisi terburuk saat pendakian.

Demikian tips sebelum berangkat mendaki gunung dari saya, semoga ada manfaatnya bagi para pendaki terutama pendaki pemula. Tak bermaksud menggurui, hanya berbagi saja. Kalau ada yang kurang silahkan ditambah, kalau ada yang keliru mari sama-sama perbaiki. Silahkan baca juga tips untuk menghindari lintah / pacet saat mendaki gunung.

Salam Lestari...

Baca Selanjutnya : Tips Saat Pendakian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENDAKI GUNUNG | Sebelum Pendakian"

Post a Comment