Loading...

WEB BROWSER: FUNGSI DAN JENIS-JENISNYA

WEB BROWSER: FUNGSI DAN JENIS-JENISNYA

WEB BROWSER: FUNGSI DAN JENIS-JENISNYA. Siapapun anda dan dimanapun berada, mau tidak mau, suka atau tudak suka,  web browser adalah pintu utama untuk memasuki dunia internet. Jika komputer/laptop/smartphone tidak terinstall web browser maka jangan berharap bisa mengakses website favorite anda. Dengan web browser juga-lah anda sampai di halaman blog ini. Web browser apa yang sedang anda gunakan sekarang?

Sebenarnya apa itu web browser dan apa fungsinya?  Web browser (Peramban web) atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web (WWW) atau Internet. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URL) termasuk sebuah halaman web, gamber, video atau bagian lain dari konten web.
Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan.  HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilakn gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi flash dan applet java.

Singkatnya dapat disimpulkan bahwa Web browser adalah alat alat untuk menjelajah website yang berfungsi sebagai perantara [penerjemah] antara server Website dengan pengguna. Server Website mengirimkan data dalam bentuk rangkaian kode-kode HTML kemudian ditangkap oleh browser lalu ditampilkan ke komputer dalam bentuk teks, gambar, video audio dan sebagainya.

Elemen-elemen penting pada web broser

Elemen-elemen web browser

Sebagai contoh disini menggunakan browser Google Chrome

  1. Tab. Tab adalah bagian browser yang memungkinkan kita untuk  membuka beberapa halaman website dalam satu jendela. Hampir semua browser sekarang ini sudah mendukung Tabbed browser. 
  2. Windows control. Tombol-tombol ini berfungsi untuk memperkeci/memperbesar tampilan jendela web browser.
  3. Address Bar. Adalah bagian pada web browser untuk menempatkan halaman website yang mau dikunjungi, misalnya http:// www .facebook.com, atau bisa juga sebagai tempat mengetikkan kata kunci pencarian pada search engine, jika yang diketikkan bukan alamat website maka web browser akan mengarah ke search engine yang sudah diatur dan akan menampilkan hasil pencariannya. 
  4. Bookmark bar. Pada bagian ini dipergunakan untuk menyimpan halaman-halaman website yang sering dibuka. Bookmark memudahkan pengguna untuk mengunjungi halaman yang sudah disimpan tampa harus mengetik ulang URL webnya. 
  5. Tombol menu. Adalah tombol yang dipergunakan untuk mengakses menu-menu pada web browser. Sebagian web browser memberikan pilihan untuk menempatkan baris menu di bagian atas tab.
  6. Scroll Bar. Adalah ool pada browser yang dipergunakan untuk menggulung layar ke bawah / atas / kiri / kanan.
  7. Display Window. Adalah ruang tempat menampilkan  halaman website yang dikunjungi. 
  8. Status Bar. Adalah bagian web browser yang menampilkan status pemuatan halaman web yang sedang dibuka. Status bar terletak di bagian bawah jendela browser.




Demikianlah sekilas tentang web browser. Untuk jenis-jenis browser silahkan klik LINK INI. Terima kasih sudah membaca, diskusi terbuka untuk artikel ini silahkan berkomentar. 

Silahkan baca juga artikel-artikel mengenai Jejaring Sosial Tutorial Blog, Perwatan komputer  dan lain-lainnya

Salam Indonesia.
<b>z35W7z4v9z8w</b>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WEB BROWSER: FUNGSI DAN JENIS-JENISNYA"

Post a Comment