Loading...

CARA GAMPANG MENGHINDARKAN KOMPUTER DARI INFEKSI VIRUS

Jejak Digital | Aktor utama yang paling berperan untuk menghidari komputer dari serangan virus/malware adalah ANDA sendiri. Tidak harus jadi seorang ahli virus atau mengikuti pelatihan khusus untuk dapat melakukannya. Yang harus anda lakukan adalah berhati-hati ketika mendownload dan menginstall file-file yang tidak anda fahami, walaupun file tersebut sangat menarik dan menggiurkan.

Tips di bawah ini bisa anda terapkan dan jika anda melakukannya dengan benar maka komputer anda akan aman dari serangan virus/malware:

1. Hindari mengeksekusi/menjalankan program-program yang didownload dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak memiliki signature digital

Sebelum mengklik tombol "Run" pastikan anda suda mengetahui betul program tersebut dan perhatikan dari mana file tersebut berasal/didownload.
File yang tidak memiliki digital signature atau didownload dari sumber yang tidak terpercaya akan ditandai sebagai file berhaya. Jadi sebelum menginstall file tersebut sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini:

2. Hindari menggunakan keygen, crack dan sejenisnya
Keygen, crack dan patch adalah cara paling gampang mendatangkan virus ke komputer anda. Pilihan terbaik adalah menghindarinya.

3. Download file dari sumber terpercaya
Dengan mengetahui sumber file maka akan menghindari komputer anda terjangkit virus. Untuk mengecek website sumber file terpercaya atau tidak bisa anda lakukan dengan menginstal Web of Trust atau Norton Safe Web yang bisa membantu anda untuk menentukan apakah situs download tersebut terpercaya atau sebaliknya.Jika anda tidak yakin denga keamanan website penyedia file, sebaiknya segera anda tinggalkan

4. Perguanakan akal sehat ketika sedang online
Hanya karena ada di internet, tidak ada jaminan bahwa informasi tersebut benar. Semua orang bisa mengunggah informasi secara online. Jadi sebelum menerima seauatu dari internet pastikan anda yakin bahwa penyedia informasi tersebut terpercaya dan bis andalkan. Abaikan email-email yang menawari anda hadiah yang menggiurkan, tapi sebenarnya mau menggiring anda ke halaman yang mengandung malware.

5. Pastikan komputer anda aman dan uptodate
Menjaga Sistem Opoerasi yang anda gunakan tetap uptodate adalah cara yang ampuh untuk menghindari infeksi. Pastikan juga anda menerapkan keamana berlapis pada sistem anda dengan menginstall antivirus yang selalu di update.
Untuk pengguna Sistem Operas Windows pastikan anda mengaktifkan User Account Control untuk memastikan bahwa anda memang mau menginstall sebuah program

Tambahan:
  • Uninstall java script jika anda tidak benar-benar membutuhkannya karena program ini sangat rentan terhadap dieksploitasi oleh malware.
  • Pergunakan password dengan tingkat kerumitan yang tinggi pada semua akun online anda. Password yang kuat minimal terdiri dari delapan karakter dan mengandung kombinasi teks angka, huruf kapital dan karakter khusus seperti [*&^%$#@]
  • Hindari membuka email dari pengirim pesan instan yang tidak jelas sumbernya.
  • Jangan pernah memberikan password anda kepada orang lain.
  • Saat sedang menggunakan Media Sosial sebaiknya anda mempertimbangkan kepada siapa sebuah informasi bisa dilihat dengan mengatur tatanan privacy pada akun anda.
Sekian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA GAMPANG MENGHINDARKAN KOMPUTER DARI INFEKSI VIRUS"

Post a Comment