Loading...

PHISING DAN KETELEDORAN SAAT ONLINE

Phising adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris Fishing (memancing) yang kemudian berkembang menjadi pengelabuan. Aktifitas phising bertujuan untuk melakukan pencurian data-data sensitif dari korban dengan cara mengelabui korban. Beragam media dipergunakan oleh pelaku phising ini, e-mail, pesan isnstant sampai status di media sosial.

Cara kerja phising ini, pelaku akan mengirimkan tautan  yang nantinya akan ridirect ke situs yang sudah disipakan oleh pelaku dan meminta untuk melakukan login. Jika sampai mengisi data login maka sampai tahap ini sesungguhnya anda sudah terkena tipuan phising.

Berikut ini beberapa ciri tautan yang besar kemungkinan besar adalah phising:
Phishing umumnya menggunakan nama perusahaan yang terkenal atau terpercaya.
Pelaku phising biasanya memberikan alamat URL yang seolah-olah menyerupai alamat URL situs aslinya. Misalnya, aslinya https://store.apple.com oleh pelaku phising akan diserupakan menjadi http://store.apple.com.blogspot.com. Pada saat pengguna lengah, mereka bisa saja masuk dalam jebakan dan mengklik situs tersebut.

Sapaan Umum.
Email phising biasanya dikirimkan dalam jumlah besar sekaligus. Untuk menghemat waktu para pelaku tindak kriminal melalui internet ini menggunakan sapaan umum, seperti "Pelanggan terhormat".

Forged Link
Arahkan mouse ke link yang dikirim dan perhatikan apakah cocok dengan hyperlink-nya. Bila tidak ada kecocokan, jangan klik link tersebut. Situs yang terpercaya biasanya diawali dengan HTTPS (dengan huruf S-singkatan dari Secure. Biasanya, alamat asli phishing berantakan.

Menanyakan Data Pribadi. 
Sesuai dengan tujuan utama phising ini adalah  untuk mendapatkan data-data pribadi, maka anda harus berhati-hati ketika ada yang menanyakan data-data sensitif.

Terkesan Darurat.
Para kriminal internet ini membuat Anda berpikir, telah terjadi sesuatu yang mengharuskan tindakan cepat. Seperti menggunakan kata 'urgent'. Jika Anda menerima email dengan tanda-tanda di atas, hati-hati. Bisa saja Anda menjadi korban phishing.

Pelaku phising menampilkan gambar-gambar yang menggoda, biasanya gambar wanita seksi
Jangan lengah ketika ber-internet dan jangan pula sembarangan mengklik link yang dikirim dari seseorang yang tidak dikenal. Sebelum meng-klik sebuah alamat URL, sebaiknya cek dulu apakah didalamnya terdapat jebakan. Jebakan yang dimaksud disini adalah, para pelaku phising sering kali memanfaatkan gambar-gambar pornografi, iming-iming bonus uang atau hadiah dan sejenisnya guna menarik pengguna untuk meng-klik alamat URL tersebut.
Bagi para pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter, sebaiknya menggunakan Social Media Scanner, seperti

http://www.eset.com/us/beta/social-media-scanner-2-beta/ atau
https://apps.facebook.com/eset-socmedscan.

Sekian artikel mengenai phising, terimakasih atas kunjungan anda. Berhati-hati saat online akan mengurangi risiko terkena penipuan
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PHISING DAN KETELEDORAN SAAT ONLINE"

Post a Comment